Kamis, Mei 21, 2009

Impian Gua Selama Ini!


Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) adalah salah satu lembaga akademik di lingkungan ITB yang berfungsi menjalankan misi Tridarma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat. Sejalan dengan visi ITB tahun 2010, SBM mencoba mengembangkan diri menjadi unggul dalam riset dan pendidikan di bidang manajemen. Kegiatan riset SBM mencoba untuk mengangkat kasus-kasus praktik bisnis dan manajemen dari perusahaan terkemuka dan berhasil di Indonesia sehingga pengembangan teori menjadi relevan dengan konteks Indonesia. 

Kedekatan dengan lingkungan bisnis dan ditunjang oleh metodologi riset yang handal, SBM diharapkan mampu menciptakan keunggulan kemampuan riset di tataran internasional. Aspek pendidikan akan diarahkan untuk mendapatkan akreditasi yang bertaraf internasional. 

Pendidikan di lingkungan SBM dikembangkan untuk siap bersaing dengan sekolah bisnis terkemuka lainnya di kawasan Asia dan Pasifik. SBM juga menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan kompetisi globalisasi. Kecepatan perkembangan globalisasi yang semakin meningkat sehingga perubahan dalam kompetisi menjadi tidak dapat diprediksikan. 

Hasilnya adalah kebutuhan akan generasi baru kerwirausahawan yang mampu mengambil keputusan dengan cepat, membawa ide baru produksi dan pemikiran yang kreatif menjadi sangat penting. Bersama dengan kemampuan bisnis, terdapat kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan interpersonal. Pada saat ini, para entrepreneur yang sukses menyadari bahwa membangun hubungan jaringan adalah salah satu faktor yang berkontribusi untuk sukses dan bereputasi dari bisnis mereka. Bekerja sama dengan orang-orang dengan perbedaan latar belakang, budaya dan kewarganegaraan adalah keahlian yang harus dikembangkan. Riset saat ini menunjukan pentingnya komunikasi dan kerja sama. Integritas, etika personal dan kepekaan akan tanggung jawab sosial adalah faktor penting dalam mencapai kesuksesan. 

Dengan mengemban visi dan misi sebagai berikut di bawah, SBM ITB bertekad untuk mendapatkan akreditasi internasional di bidang pendidikan (EQUIS). 

Misi Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB adalah: Kami berkomitmen untuk menginspirasikan serta mengembangkan pemimpin-pemimpin inovatif dan entreprenuer yang bertanggung jawab untuk menciptakan nilai pada masyarakat. 

Visi Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB pada tahun 2010 adalah: “Menjadi salah satu dari 10 sekolah bisnis dan manajemen yang terbaik di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2015 ”. 

Nilai-nilai pada Sekolah Bisnis Manajemen ITB:

Integritas 

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dengan menjalankan segala sesuatu yang telah menjadi komitmen kami, menjalankan nilai nilai etika pada pendidikan dan keadilan. 

Berusaha Keras untuk mencapai yang terbaik 

Kami selalu berjuang untuk meraih hasil yang terbaik dari setiap langkah kami secara professional, dengan semangat tinggi dan dapat dipercaya. 

Saling Membangun Kepercayaan 

Kami selalu berusaha membangun kepercayaan dengan saling membagi ilmu pengetahuan dan saling mendukung serta saling keterbukaan. 

Inovasi 

Kami selalu menciptakan visi institusi yang jauh kedepan dengan berpikir kreatif keluar dari pemikiran yang umum serta menciptakan keilmuan. 

Harmonis 

Kami selalu menciptakan keharmonisan dalam perbedaan-perbedaan yang ada dan selalu menciptakan semangat kerja tim secara menyeluruh. 


Dasar keilmuan manajemen (the science of management) adalah ilmu sosial (social science). Sains manajemen (management science) adalah disiplin ilmu yang mengembangkan dan menerapkan teori-teori dan metode ilmiah dalam kegiatan manajerial untuk menghasilkan inovasi yang bernilai. Inovasi-inovasi ini dapat berwujud perbaikan nilai tambah yang terjadi pada tataran manajerial, produk, proses, pasar, sistem, perilaku, strategi dan kebijakan serta teknologi. 

Ciri khas keilmuan manajemen SBM ITB adalah: 

  • Manajemen adalah salah satu unsur budaya manusia 
  • Kemajuan manajemen terkait dengan efektivitas kepemimpinan (memimpin diri sendiri, mumpuni, dan berpengaruh pada orang lain) 
  • Kemajuan manajemen dapat didorong dengan menerapkan teknologi (melengkapi matra ITB lainnya, yaitu sains, teknologi dan seni) 
  • Tantangan manajemen Indonesia adalah kewirausahaan (memetik manfaat dari peluang) 
  • Pengembangan kurikulum program studi di lingkungan SBM tidak terlepas dari ciri-ciri keilmuan manajemen di atas. 

Kurikulum program studi SBM terdiri dari tiga lapis yang terdiri dari: 

  1. Sains sosial yang melandasi keilmuan manajemen seperti: kewirausahaan dan inovasi, kepemimpinan, ekonomika bisnis, ilmu perilaku, dan etika bisnis. 
  2. Manajemen fungsional termasuk pemasaran, operasi, sumberdaya manusia, keuangan, dan akuntansi. 
  3. Manajemen terapan antara lain industri, rumah sakit, kerekayasaan, rumah sakit, konstruksi, kepemerintahan, jasa, ritel, dan sebagainya. 

Hingga saat ini SBM-ITB memiliki empat program studi yang meliputi program studi sarjana manajemen, magister sains manajemen, magister administrasi bisnis, dan doktor sains manajemen. 

1 komentar:

ndit mengatakan...

bem om gue ketua ikatan alumni di itb bem, hatta rajasa, emang sbm keren banggggget , sodara gue masukl sana tahun pertama sbm dibuka, skrg sbm cuma nerima anak kalo ngga salah cuma bs anak ipa dehhh yaaaa, tuh bukanya english version semua anjing tebel abis kaya lemper lapis 10